logo_alfamart.png
eng_icon.png English ind_icon.png Bahasa
en.png id.png callcenter.png
Alfamart Alfamidi dan Unicef Bantu PAUD Istri Gubernur Jawa Timur Bude Karwo menyapa anak-anak PAUD Sekar Hapsari yang merupakan PAUD binaan Alfamart – Unicef, berlokasi di Jalan Kedung Sroko I/17 Surabaya, dalam kesempatan tersebut Alfamart juga menyalurkan Rp 2,13 M hasil donasi konsumen untuk Pengembangan 21 PAUD di 6 Provinsi bekerja sama dengan Unicef, Kamis (7/5/2015).
DONASI KONSUMEN

Alfamart Alfamidi dan Unicef Bantu PAUD

Salurkan Rp 2,13 M untuk Pengembangan 21 PAUD di 6 Provinsi

SURABAYA – Alfamart Alfamidi bekerja sama dengan Unicef menyalurkan donasi konsumen sebesar Rp 2,13 miliar untuk pengembangan 21 sekolah PAUD Holistik Integratif yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia.

Penyerahan secara simbolis dilakukan di PAUD Sekar Hapsari disaksikan Bude Karwo selalu Ketua Bunda PAUD Provinsi Jatim. PAUD Sekar Hapsari merupakan PAUD binaan Alfamart – Unicef yang berlokasi di Jalan Kedung Sroko I/17 Surabaya.

Spesialis Pendidikan Unicef Indonesia, Widodo Suhartoyo mengatakan, donasi konsumen tersebut untuk mengembangkan PAUD yang tersebar di wilayah Jatim, Jateng, NTT, NTB, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat.

“Tahun lalu, Unicef juga memfasilitasi penyaluran donasi konsumen Alfamart Alfamidi. Kegiatannya berupa pencegahan dan penanggulangan malaria. Tahun ini untuk pengembangan PAUD,” katanya, di sela acara, Kamis (7/5/2015).

Pengembangan PAUD ini dipilih karena pada usia dini (0-6 tahun) dikenal sebagai periode emas (golden age), yakni merupakan masa yang paling pesat bagi kecerdasan otak untuk mengembangkan berbagai kecerdasan yang diperlukan pada masa dewasa.

”Pada masa golden age ini, dimana otak anak mengalami perkembangan sekitar 50-60 persen. Jadi dibutuhkan layanan lengkap dan berkesinambungan untuk menunjang pertumbuhannya secara holistik,” jelasnya.

Faktor-faktor menunjang pertumbuhan anak usia dini terdiri dari layanan stimulasi dini, kesehatan seperti imunisasi, air bersih, monitoring tumbuh kembang anak, layanan pemenuhan nutrisi seimbang, perlindungan anak, dan pola pengasuhan yang positif. Seluruh layanan tersebut berperan dalam pembentukan pondasi kehidupan anak sehingga perkembangan anak akan optimal di masa depannya.

Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman mengatakan, donasi konsumen Alfamart senilai Rp 2,13 miliar tersebut dihimpun selama periode 16 April – 31 Mei 2014. “Setiap program donasi konsumen ini menggandeng yayasan yang berbeda-beda. Untuk periode tersebut kerjasamanya dengan Unicef,” imbuhnya.

Bersama Unicef, Alfamart Alfamidi ingin berbagi semangat dalam meningkatkan pendidikan melalui program PAUD Holistik dan Integratif yang tak hanya memberikan layanan lengkap dan berkesinambungan di bidang pendidikan, namun juga membentuk komunitas yang peduli pada pendidikan anak.

“Kami percaya masa kanak-kanak merupakan tahap terpenting dalam hidup, masa ini merupakan awal pembentukan cara berpikir dan awal seseorang membangun kepercayaan diri,” jelasnya.

Kerja sama yang terjalin dengan Unicef diharapkan dapat terus berjalan dan mampu memberikan manfaat yang lebih besar bagi dunia pendidikan Indonesia. Ini mengingat, sektor pendidikan merupakan salah satu kunci dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pengembangan PAUD ini bentuknya mulai pelatihan dan pemberian modul pendidikan bagi penyelenggara yang terdiri dari tenaga pengajar dan kader, pemberian stimulasi berdasarkan usia, pelatihan pengasuhan anak usia dini, pelatihan pemberian layanan kesehatan dan nutrisi di Posyandu dan pengembangan usaha kecil untuk membantu meningkatkan ekonomi orangtua yang memiliki anak usia dini.

Di samping itu berupa sumbangan Alat Permainan Edukatif (APE) yang sesuai dengan kebutuhan anak serta penyuluhan bagi orang tua agar memberikan stimulasi dini bagi anak di rumah.

 

Tentang PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (PT SAT) merupakan perusahaan ritel yang mengelola 9.649 toko Alfamart per Desember 2014 dan memiliki 31 Kantor Cabang/gudang yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi dan Kalimantan. Pada Oktober 2014, PT SAT telah meningkatkan kepemilikan saham di PT Midi Utama Indonesia (Alfamidi), kini kepemilikan saham Alfamart di Alfamidi mencapai 86,7% sehingga menjadi pemegang saham mayoritas. PT MUI sendiri adalah perusahaan yang menaungi 811 Alfamidi, dan48 Lawson (per Maret 2015). Pada 18 Juli 2013, PT. Sumber Indah Lestari (SIL), anak unit usaha PT SAT mengoperasikan gerai DAN+DAN yang pertama di Kota Wisata, Cibubur. Gerai DAN+DAN merupakan gerai yang menjual produk Health and Beauty dan saat ini SIL memiliki 51 Gerai DAN+DAN yang tersebar di Jabodetabek. PT SAT memiliki 65% saham pada PT Sumber Indah Lestari.

 

Tentang Unicef Indonesia

UNICEF bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dan mitra lainnya untuk meningkatkan kehidupan anak-anak yang paling rentan melalui dukungan untuk program-program di bidang pendidikan, gizi, kesehatan, air dan sanitasi dan perlindungan anak.

Klarifikasi PT Sumber Alfaria Trijaya TBK terkait Kesalahan Input Nominal Belanja oleh Karyawan
Sabtu, 08/08/20 13:21 WIB
Menanggapi Isu yang beredar luas terkait dengan kontent video Perbedaan nominal belanja yang dilakukan oleh Oknum Karyawan Alfamart dengan ini Pihak PT Sumber Alfaria Trijaya TBK telah dikonfirmasi bahwa Karyawan tersebut memang benar bersalah. Kesalahan terjadi dikarenakan Karyawan Yang Bersangkutan tidak menjalankan transaksi sesuai SOP yang ditetapkan perusahaan sehingga mengakibatkan nilai belanja Konsumen lebih besar dari yang seharusnya. Oleh karena itu, sanksi tegas terhadap Karyawan tersebut telah diberikan dan yang bersangkutan sudah mengundurkan diri. Masalah yang terjadi juga telah diseslesaikan secara Kekeluargaan Alfamart sebagai perusahaan Retail Indonesia selalu mengedepankan pelayanan terbaik untuk pelanggan, Kami menerima Saran dan Kritik dari Masyarakat untuk meningkatkan Kualitas pelayanan saat berbelanja di Toko Alfamart terdekat. Terima Kasih
Imbas Covid-19 Alfamart dan Alfamidi Gratiskan Biaya Sewa Tenant kepada lebih dari 12.000 UMKM
Selasa, 28/04/20 22:05 WIB
Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda, Alfamart dan Alfamidi memberi keringanan kepada mitra UMKM atau tenant yang berjualan di depan gerainya berupa pembebasan biaya sewa, manajemen telah memutuskan pembebasan biaya sewa periode April s/d Mei 2020 Pembebasan biaya sewa selama dua bulan tersebut sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR Alfa Group kepada mitra UMKM nya agar bisa bertahan dan meringankan beban usaha mereka. "Kami sadar pandemi ini berdampak ke banyak aspek, terutama kepada UMKM yang mengalami tantangan semakin keras, untuk itu inisiatif kami adalah memberi pembebasan biaya sewa kepada tenant di depan gerai periode April kemarin hingga Mei,” jelas Solihin, Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Lebih lanjut ia menjelaskan total mitra UMKM Alfamart dan…
Cegah Corona, Alfamart Gandeng LazisMu Salurkan Donasi Konsumen untuk Penyemprotan Disinfektan Fasil
Senin, 23/03/20 20:37 WIB
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menggandeng Yayasan Lazis Muhammadiyah (LazisMu) menggerakkan untuk melakukan penyemprotan desinfektan kepada sejumlah rumah ibadah dan fasilitas publik lainnya di sejumlah wilayah Indonesia, sejak 16 Maret 2020. Terhitung hingga hari ini, Senin (23/3), sudah puluhan lokasi yang menjadi objek penyemprotan. Menggunakan donasi konsumen, Alfamart dan LazisMu menargetkan total ada 150 titik penyemprotan untuk mendukung pencegahan penyebaran Virus COVID-19. Tim relawan terdiri dari petugas penyemprotan desinfektan yang profesional. Penyemprotan dilakukan pada area dalam maupun luar bangunan dengan menggunakan cairan desinfektan dan dilengkapi perangkat alat pelindung diri (APD). “Kesigapan Alfamart untuk pencegahan penyebaran virus ini terus digalakan. Selain pencegahan di sisi internal karyawan perusahaan, kami juga melakukan kegiatan di lokasi-lokasi publik dan rumah ibadah. Harapannya bisa membantu…
Ribuan Tiket Mudik Gratis dari Alfamart
Rabu, 12/06/19 11:02 WIB
Sebagai perwujudan toko komunitas, Alfamart ingin memberi manfaat lebih kepada pelanggan setianya. Pada momen Idul Fitri 2019 ini, Alfamart membagikan total 2310 tiket mudik gratis dalam program Mudik Asyik 2019. Sebanyak 2160 peserta dalam 40 bus diberangkatkan serentak dari kawasan Taman Mini Indonesia Indah pada Rabu (29/5/19). Bus-bus tersebut menuju 5 kota yakni Semarang, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, dan Surabaya. Sedangkan 150 tiket lainnya lewat jalur udara atau pesawat ke Medan, Palembang, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Makassar. Ryan Alfons Kaloh, Marketing Direktur Alfamart mengungkapkan program mudik gratis ini merupakan kegiatan tahunan yang diberikan Alfamart kepada konsumen dengan beberapa ketentuan. “Mudik Asyik 2019 merupakan salah satu aktivasi Alfamart untuk mendekatkan perusahaan dengan konsumen yang selama ini loyal terhadap Alfamart,” ucapnya.…
Perbaikan Layanan & Memberikan Kenyamanan Belanja  Menjadi Fokus Alfamart 2018
Kamis, 16/05/19 09:35 WIB
TANGERANG - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Perseroan) kembali melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan di Kantor Pusat Alfamart Tangerang, Kamis (16/05/2019). Agenda utama RUPS Tahunan kali ini meliputi persetujuan Laporan Tahunan dan pengesahan Laporan Keuangan Tahunan Perseroan untuk tahun buku 2018, penggunaan laba bersih Perseroan tahun buku 2018, penunjukan dan penetapan honorarium akuntan publik yang akan mengaudit pembukuan Perseroan untuk tahun buku 2019 serta persyaratan lain sehubungan dengan penunjukan akuntan publik tersebut, penentuan honorarium dan tunjangan lainnya dari anggota Dewan Komisaris Perseroan serta persetujuan atas penyesuaian Pasal 3 Anggaran Dasar Perseroan.